Laporan 10 J-Menu

Written by Amri on Selasa, 15 Januari 2013 at 22.50

di dalam program ini hasinya adalah tampilan Menu dan memiliki aksi jika di klik , program ini dibangun dari 3 program java yang di panggil di Class Induk yaitu OkMenu.java, Oh iya penjelasanya ada di dalam Listing program yaa.....

FDialog.java

/* Pemanggilan Komponen yang dibutuhkan Untuk Program ini
dari */
import javax.swing.*;
import java.awt.*;
import java.awt.event.*;

/*Membuat Turunan dengan Nama FDialog dari JDialog dan memberikan
Aksi jika di klik maka akan terjadi aksi */
class FDialog extends JDialog implements ActionListener{

    /*Pemanggilan Button dan
pembuatan Objek btntutup serta di beri nama "Tutup" */
    JButton btnTutup = new JButton ("Tutup");
/*pembuatan Method Konstruktor ,
serta pengesetan Framenya*/
    public FDialog() {
    setTitle("DIALOG");
    setSize(200,100);
//setDefaultCloseOperation memberikan Perintah close
    setDefaultCloseOperation(JDialog.DISPOSE_ON_CLOSE);
    setLayout(null);
    add(btnTutup);
    btnTutup.addActionListener(this) ;
    btnTutup.setBounds(40,20,100,20);
    setVisible(true);

}
/* untuk memberikan aksi kepada btntutup */
    public void actionPerformed (ActionEvent e) {
    if (e.getSource()==btnTutup) {
        dispose();
        }
    }
}

/*program ini tidak memiliki Fungsi Utama, maka Program ini akan di panggil dari sebuah Class Utama,
Yaitu di OkMenu.Java */

FFrame.java

/* Pemanggilan Komponen yang dibutuhkan Untuk Program ini
dari */
import java.awt.event.*;
import javax.swing.*;
import java.awt.*;

/*Membuat Turunan dengan Nama FFrame dari JFrame dan memberikan
Aksi jika di klik maka akan terjadi aksi */
class FFrame extends JFrame implements ActionListener {

    /*Pemanggilan Button dan
pembuatan Objek btntutup serta di beri nama "Tutup" */
    JButton btnTutup = new JButton ("TUTUP");

/*pembuatan Method Konstruktor ,
serta pengesetan Framenya*/
    public FFrame() {
    super ("FRAME");
    setSize (200,100);
    //setDefaultCloseOperation memberikan Perintah close
    setDefaultCloseOperation (JFrame.DISPOSE_ON_CLOSE);
    setLayout(null);
    add(btnTutup);
    btnTutup.addActionListener(this);
    btnTutup.setBounds (40,20,100,20);
    setVisible(true);
    }
    /* untuk memberikan aksi kepada btntutup */
    public void actionPerformed (ActionEvent e) {
        if (e.getSource()==btnTutup) {
            dispose();
        }
    }
}
/*program ini tidak memiliki Fungsi Utama, maka Program ini akan di panggil dari sebuah Class Utama,
Yaitu di OkMenu.Java */



OkMenu.java
/* Pemanggilan Komponen yang dibutuhkan Untuk Program ini
dari */
import java.awt.event.*;
import javax.swing.*;
import java.awt.*;


/*Membuat Turunan dengan Nama Menu dari JFrame */
class Menu extends JFrame {

/*Deklarasi Variabel*/
JMenuBar menubar;
JMenu file,buatbaru;
JMenuItem exit,frame,dialog,pesan;

/*Konstruktor Menu */
public Menu() {
//Membuat nama Frame
setTitle ("Menu");
//Ukuran Frame
setSize(200,200);

//membuat Menu dengan Caption "File", dan huruf F bergaris bawah
file = new JMenu("File");
file.setMnemonic('F');

//membuat Menu dengan Caption "BuatBaru", dan huruf B bergaris bawah
buatbaru = new JMenu("BuatBaru");
buatbaru.setMnemonic('B');

//membuat sub menu dengan Caption "Exit" serta memberi event CTRL+E
exit = new JMenuItem("Exit");
exit.setAccelerator(KeyStroke.getKeyStroke(KeyEvent.VK_E,
ActionEvent.CTRL_MASK));

//membuat sub menu dengan Caption "Frame" serta memberi event CTRL+F
frame = new JMenuItem("Frame");
frame.setAccelerator(KeyStroke.getKeyStroke(KeyEvent.VK_F,
ActionEvent.CTRL_MASK));

//membuat sub menu dengan Caption "Dialog" serta memberi event CTRL+D
dialog = new JMenuItem("Dialog");
dialog.setAccelerator(KeyStroke.getKeyStroke(KeyEvent.VK_D,
ActionEvent.CTRL_MASK));

//membuat sub menu dengan Caption "Pesan" serta memberi event CTRL+P
pesan = new JMenuItem("Pesan");
pesan.setAccelerator(KeyStroke.getKeyStroke(KeyEvent.VK_P,
ActionEvent.CTRL_MASK));

//membuat tempat untuk meletakkan menu-menu di dalam frame
menubar = new JMenuBar();
setJMenuBar(menubar);

//Mengatur letak2 menu serta submenu di dalamnya
menubar.add(file);
file.add(exit);
menubar.add(buatbaru);
buatbaru.add(frame);
buatbaru.add(dialog);
buatbaru.add(pesan);

//perintah jika di klik tombol exit maka akan terjadi perintah tutup
exit.addActionListener(new ActionListener(){
public void actionPerformed (ActionEvent e){
System.exit(0);
}
});

//memanggil FFrame
frame.addActionListener(new ActionListener(){
public void actionPerformed (ActionEvent e){
new FFrame();
}
});
//memanggil FDialog
dialog.addActionListener(new ActionListener(){
public void actionPerformed (ActionEvent e){
new FDialog();
}
});

//membuat Kotak dialog pesan
pesan.addActionListener(new ActionListener(){
public void actionPerformed (ActionEvent e){
JOptionPane.showMessageDialog(null,"Tutup?","Pesan",JOptionPane.QUESTION_MESSAGE);
}
});
//objek di tampilkan
setDefaultCloseOperation(EXIT_ON_CLOSE);
setVisible(true);
}

}

//Fungsi Utama
public class OkMenu {
public static void main (String [] args){
 new Menu();
}
}

ini adalah hasilnya :
ini adalah hasil program yang di buat oleh : Amri|MI10-05

Tugas CheckBox Pertemuan 9

Written by Amri on Jumat, 11 Januari 2013 at 07.20


Tugas Membuat Checkbox dan keterangan-keterangan di dalam listing programnya semoga bermanfaat,,,salam hangat Amri MI10-05 
AMIK Tunas Bangsa Pematangsiantar, dan di bawah terdapat gambarnya... Thank you



/*memanggil komponen-komponen yang dibutuhkan di dalam
program ini dari java */
import java.awt.*;
import java.awt.event.*;
import javax.swing.*;

/* ini membuat pewarisan sifat menyeluruh dari JFrame
dengan implement ItemListener*/
class CekHandling extends JFrame implements ItemListener {
/* deklarasi variabel dan pemberian type data */
private JTextField teks;
private JPanel panel;
private JCheckBox c1,c2,c3;

/*konstruktor dan pemberian nilai pada variabel
c1,c2,c3 */
public CekHandling() {
setTitle("Coba CheckBox Handling");
teks=new JTextField("Jenis Kelamin : Pilihan ");
teks.setHorizontalAlignment(SwingConstants.CENTER);
panel=new JPanel(new FlowLayout());
c1=new JCheckBox("Pria");
c2=new JCheckBox("Wanita");
c3=new JCheckBox("Banci");

ButtonGroup group=new ButtonGroup();
group.add(c1);
group.add(c2);
group.add(c3);
c1.addItemListener(this);
c2.addItemListener(this);
c3.addItemListener(this);

/*pengaturan tata letak dengan menyesuaikan mata angin
(BorderLayout) */

setLayout(new BorderLayout());
add(teks,"North");
add(panel,"West");
panel.add(c1);
panel.add(c2);
panel.add(c3);

/* pack()adalah menyesuaikan frame sesuai dengan isi didalamnya sehingga pass
setvisible(true) artinya untuk menampilkan objek2nya*/
pack();
setVisible(true);
setLocation(200,200);
setDefaultCloseOperation(EXIT_ON_CLOSE);

}

/*method yang di beri hak public dengan perintah tejadi event bila di klik
objek chekboxnya, serta mengirim nilainya perhatikan logika IF */
public void itemStateChanged(ItemEvent event) {
if(event.getSource()==c1) {
if(event.getStateChange()==ItemEvent.SELECTED)
teks.setText("Jenis Kelamin : Pria");
}
if(event.getSource()==c2) {
if(event.getStateChange()==ItemEvent.SELECTED)
teks.setText("Jenis Kelamin : Wanita");
}
if(event.getSource()==c3) {
if(event.getStateChange()==ItemEvent.SELECTED)
teks.setText("Jenis Kelamin : Banci");
}
}
}
/* fungsi utama */
public class EventCheckBox {
public static void main (String[] args) {
new CekHandling();
}
}



hasil Programnya


TUGAS PERTEMUAN 8

Written by Amri on Minggu, 06 Januari 2013 at 23.09

Membuat MultiLayout dengan nama class amri.java


import java.awt.*;
import javax.swing.*;
class GLayout extends JFrame{
JButton tombol0, tombol1, tombol2, tombol3,tombol4, tombol5, tombol6, tombol7,tombol8, tombol9, tombol10, tombol11;
JLabel labelGambar;
JPanel P1,P2,P3;
public GLayout() {
setTitle("MULTI LAYOUT");
tombol0 = new JButton("0");
tombol1 = new JButton("1");
tombol2 = new JButton("2");
tombol3 = new JButton("3");
tombol4 = new JButton("4");
tombol5 = new JButton("5");
tombol6 = new JButton("6");
tombol7 = new JButton("7");
tombol8 = new JButton("8");
tombol9 = new JButton("9");
tombol10 = new JButton("10");
tombol11 = new JButton("11");

P1 = new JPanel();
P2 = new JPanel();
P3 = new JPanel();
setLayout(new GridLayout(1,3));
add(P1);
add(P2);
add(P3);

P1.setLayout(new FlowLayout());
P1.add(tombol0);
P1.add(tombol1);
P1.add(tombol2);
P1.add(tombol3);

P2.setLayout (null);
P2.add(tombol4);
P2.add(tombol5);
P2.add(tombol6);
P2.add(tombol7);
tombol4.setBounds(10,10,150,20);
tombol5.setBounds(10,30,150,20);
tombol6.setBounds(10,50,150,20);
tombol7.setBounds(10,70,150,20);

P3.setLayout(new GridLayout(2,2));
P3.add(tombol8);
P3.add(tombol9);
P3.add(tombol10);
P3.add(tombol11);
setSize(600,200);
setVisible(true);
setDefaultCloseOperation(EXIT_ON_CLOSE);
}
}
public class amri {
public static void main(String[] args) {
GLayout g= new GLayout();
}
}

inilah hasilnya


Laporan Praktikum 7 (GUI)

Written by Amri on Senin, 03 Desember 2012 at 00.25

Memperkenalkan penggunaan Graphic User Interface (GUI) adalah suatu aplikasi dalam java yang berbasis grafik. GUI membuat hasil dari suatu program tampak menarik dan nyaman ketika digunakan oleh para user serta kemudahan penggunaan program. Java menyediakan dua kelas untuk GUI, yaitu AWT (Abstract Windowing Toolkit) dan Swing.

1.   AWT (Abstract Windowing Toolkit
AWT terdapat pada package java.awt . berisi komponen-komponen GUI yang bersifat platfrom sistem operasi. tampilanya menyesuaikan dengan sistem operasi yang digunakan sehingga mengakibatkan dependensi sistem. kelas yang terdapat pada java.awt seperti button, label, window, frame, panel dan dialog. berikut ini contoh praktikum dari penggunaan AWT,

simpan dengan nama cthAWT1.java

import java.awt.*;
public class cthAWT1 {
public static void main (String[]args) {
    Frame myFrame = new Frame ("Contoh program AWT");
    Label myLabel = new Label ("Selamat belajar JAVA");
    myFrame.add(myLabel);
    myFrame.setSize(200,150);
    myFrame.show();
   
}
}

hasilnya setelah di Compile (ctrl+1) dan di Run (ctrl+2)
simpan dengan nama cthAWT2.java

import java.awt.*;
class frameTurunan extends Frame {
Label myLabel = new Label("Selamat Belajar JAVA!");
public frameTurunan (String judul) {
setTitle(judul);
setSize(200,200);
add(myLabel);
show();
}
}

public class cthAWT2 {
public static void main (String[]args) {
    frameTurunan f = new frameTurunan("ini Frame Turunan");
    }
    }
hasilnya 
2.   Swing
Terdapat package javax.swing, package javax.swing dapat diaplikasikan pada multiplatform sistem operasi.implementasi Swing dalam program dapat menggunakan class yang sudah terdapat pada package javax.swing yaitu JFrame, JDialog, JOption, JLabel. berikut contoh praktikum.

simpan dengan nama cthSwing1.java
import javax.swing.*;
public class cthSwing1 {
public static void main (String[]args) {
JFrame myFrame = new JFrame ("Contoh program Swing");
JLabel myLabel = new JLabel ("Selamat belajar JAVA");
myFrame.add(myLabel);
myFrame.setSize(200,150);
myFrame.setVisible(true);
myFrame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
}
}


hasilnya seperti ini

simpan dengan nama cthSwing2.java
import javax.swing.*;
class frameTurunan extends JFrame {
    JLabel myLabel = new JLabel("Selamat Belajar JAVA!");
    public frameTurunan(String judul) {
        setTitle(judul);
        setSize(200,200);
        add(myLabel);
        setVisible(true);
       
    }
}

public class cthSwing2 {
public static void main(String[]args){
frameTurunan f = new frameTurunan("Ini Frame Turunan");
}
}
hasilnya seperti ini


Thank you semoga bermanfaat...................!!!


Laporan Praktikum JAVA pertemuan ke-4

Written by Amri on Rabu, 07 November 2012 at 02.33

Laporan kali ini kita membahas tentang Abstract Class,Interface,Inner Class
Inner Class : pengertian dari Inner Class adalah class yang disisipkan pada Class Lain langsung saja perhatikan program dibawah ini :

JantungManusia.Java
class Orang{
private int jumlKaki = 2;

public void dengarBunyiJantung(){
    Jantung j= new Jantung();
    j.bunyiJantung();
}

public void tahanNafas(){
        System.out.println("Jantung berhenti Berdetak!");
    }

//inner class
class Jantung {
    public void bunyiJantung(){
        System.out.println("Deg..Deg...Deg..Serrrrrr");
    }
    public void istirahat(){
        System.out.println("Silahkan Ke "+jumlKaki+"kaki.");
        tahanNafas();
    }
}
}
class JantungManusia {
    public static void main(String [] args) {
    Orang o = new Orang ();
    Orang.Jantung p =o.new Jantung();
        o.dengarBunyiJantung();
        p.istirahat();
    }
}
Penjelasan:
Dari kasus di atas sebenarnya yang menjadi kelas utama atau kelas Induk adalah class JantungManusia. walaupun letaknya di bawah namun karen class JantungManusia yang memiliki fungsi Utama maka nama File adalah JantungManusia.Java

Hasil Dari Program 
 

Laporan Praktikum JAVA Pertemuan ke5

Written by Amri on Selasa, 06 November 2012 at 23.28

Pada Pertemuan ke V ini kita membuat program segitiga dengan Overloading , Overloading adalah suatu kemampuan dalam bahasa beriorentasi objek untuk menggunakan satu nama method untuk beberapa method . namun perbedaanya adalah pada parameternya. Perhatikan Segitiga.Java
Segitiga.Java
class Segitiga {
public Segitiga(double panjang) {
    System.out.println("\nVariabel = segitiganya sama sisi");
    System.out.println("Panjang=" +panjang);
    keliling(panjang);

    }

public Segitiga(double panjang, double sisiMiring) {
    System.out.println("\n2Variabel = segitiganya sama kaki");
    System.out.println("Panjang=" +panjang+ " Sisi Miring=" +sisiMiring);
    keliling(panjang, sisiMiring);
    }
public void keliling(double panjang){
    tampilkanHasil(panjang*3);
    }
public void keliling(double p, double sM){
    tampilkanHasil(2*sM+p);
    }

protected void tampilkanHasil(double h) {
    System.out.println("Hasil=" +h);
    }
}

Penjelasan: Kita hitung terdapat 5 Method dalam class Segitiga. Namun kita perhatikan ada method yang sama namanya public Segitiga namun kalau di perhatikan perbedaanya terdapat pada jumlah parameternya dan ini lah yang disebut Overloading.

Lalu kita buat Class yang ke-2 yaitu
MainSegitiga.Java
class Mainsegitiga {
public static void main (String [] args) {
    new Segitiga(7);
    new Segitiga(4,7);
   
}
}
Penjelasan    : perhatikan Isi perintah dari static void main yang mana isinya adalah : mengirimkan nilai 7 ke method Segitiga dan nilai 4,7 juga kedalam method Segitiga nah disinilah Overloading bekerja . Pertama Nilai 7 itu di kirimkan pada Method Segitiga yang pertama yang jumlah parameternya hanya 1(double panjang), dan selanjutnya di eksekusi . dan begitu pula yang nilainya 4, 7 dikirim nilainya ke method yang jumlah parameternya 2(double panjang,double sisiMiring).
                            Hasil Dari Program Segitiga

Laporan Praktikum JAVA pertemuan ke-3

Written by Amri on Senin, 05 November 2012 at 02.18

Kali ini kita akan belajar tentang INHERITANCE (Pewarisan),ENCAPCULATION(Pengkapsulan),dan POLYMORFISM(satu kata yang memiliki banyak arti). 

Inheritance  adalah penurunan atribut dan method dari suatu kelas super/kelas induk ke sub kelas/kelas anak. dalam penulisanya pada kode program dengan menambah kata extends.
berikut contoh program yang melakukan Pewarisan:
ini adalah program dengan 3 class  nama class yang pertama
 SuperClass.java
public class SuperClass{
public SuperClass () {
    System.out.println("Ini konstruktor milik SuperClass");
    }

    public void methodSuperClass() {
        System.out.println ("Ini method milik SuperClass");
    }
}

penjelasan       : ada konstruktor pada program ini yaitu SuperClass( ) yang mana arti dari Konstruktor adalah nama method sama dengan nama class.
ini yang kedua
SubClass.java
public class SubClass extends SuperClass {
public SubClass () {
    super();
}
public void methodSubClass() {;
    super.methodSuperClass();
}
}
penjelasan       : perhatikan di awal listing program "public class SubClass extends SuperClass {"ini artinya class SubClass adalah turunan atau anak kelas dari Class SuperClass

ini yang ketiga
DemoInheritance.java
public class DemoInheritance{
    public static void main(String[] args) {
        SubClass sc = new SubClass ();
        sc.methodSubClass();
    }
}

penjelasan : nama class DemoInheritance , ini juga merupakan kelas utama dari ketiga program ini yang di tandai dengan fungsi utama yaitu public static void main(String[] args),lalu membuat objek baru dengan nama sc = untuk memanggil SubClass

Hasilnya seperti ini


Diberdayakan oleh Blogger.

About the author

This is the area where you will put in information about who you are, your experience blogging, and what your blog is about. You aren't limited, however, to just putting a biography. You can put whatever you please.