Memperkenalkan penggunaan Graphic User Interface (GUI) adalah suatu aplikasi dalam java yang berbasis grafik. GUI membuat hasil dari suatu program tampak menarik dan nyaman ketika digunakan oleh para user serta kemudahan penggunaan program. Java menyediakan dua kelas untuk GUI, yaitu AWT (Abstract Windowing Toolkit) dan Swing.
1. AWT (Abstract Windowing Toolkit)
AWT terdapat pada package java.awt . berisi komponen-komponen GUI yang bersifat platfrom sistem operasi. tampilanya menyesuaikan dengan sistem operasi yang digunakan sehingga mengakibatkan dependensi sistem. kelas yang terdapat pada java.awt seperti button, label, window, frame, panel dan dialog. berikut ini contoh praktikum dari penggunaan AWT,
simpan dengan nama cthAWT1.java
import java.awt.*;
public class cthAWT1 {
public static void main (String[]args) {
Frame myFrame = new Frame ("Contoh program AWT");
Label myLabel = new Label ("Selamat belajar JAVA");
myFrame.add(myLabel);
myFrame.setSize(200,150);
myFrame.show();
}
}
public class cthAWT1 {
public static void main (String[]args) {
Frame myFrame = new Frame ("Contoh program AWT");
Label myLabel = new Label ("Selamat belajar JAVA");
myFrame.add(myLabel);
myFrame.setSize(200,150);
myFrame.show();
}
}
hasilnya setelah di Compile (ctrl+1) dan di Run (ctrl+2)
simpan dengan nama cthAWT2.java
import java.awt.*;
class frameTurunan extends Frame {Label myLabel = new Label("Selamat Belajar JAVA!");
public frameTurunan (String judul) {
setTitle(judul);
setSize(200,200);
add(myLabel);
show();
}
}
public class cthAWT2 {
public static void main (String[]args) {
frameTurunan f = new frameTurunan("ini Frame Turunan");
}
}
hasilnya
2. Swing
Terdapat package javax.swing, package javax.swing dapat diaplikasikan pada multiplatform sistem operasi.implementasi Swing dalam program dapat menggunakan class yang sudah terdapat pada package javax.swing yaitu JFrame, JDialog, JOption, JLabel. berikut contoh praktikum.
simpan dengan nama cthSwing1.java
import javax.swing.*;
public class cthSwing1 {
public static void main (String[]args) {
JFrame myFrame = new JFrame ("Contoh program Swing");
JLabel myLabel = new JLabel ("Selamat belajar JAVA");
myFrame.add(myLabel);
myFrame.setSize(200,150);
myFrame.setVisible(true);
myFrame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
}
}
hasilnya seperti ini
simpan dengan nama cthSwing2.java
import javax.swing.*;
class frameTurunan extends JFrame {
JLabel myLabel = new JLabel("Selamat Belajar JAVA!");
public frameTurunan(String judul) {
setTitle(judul);
setSize(200,200);
add(myLabel);
setVisible(true);
}
}
public class cthSwing2 {
public static void main(String[]args){
frameTurunan f = new frameTurunan("Ini Frame Turunan");
}
}
hasilnya seperti ini
Thank you semoga bermanfaat...................!!!
0 Responses to "Laporan Praktikum 7 (GUI)"
Posting Komentar